Translate

Senin, 18 Mei 2015

Hhhhmmm... Media Sosial dan Blog Termasuk Bentuk Komunikasi Massa Bukan Ya??




Bismillahirohmanirohim..
Assalamu’alaikum para pembaca yang insyaa Alloh senan tiasa dirahmati Alloh :)
Hhmm para pembaca, pernah terpikir gak tentang apakah media sosial seperti facebook, twitter dan semacamnya atau juga blog seperti yang sedang kalian baca saat ini termasuk media massa atau bukan?
Mungkin beberapa anak komunikasi sudah mempunyai pendapatnya masing-masing tentang hal ini, dengan latar pemahaman yang tertangkap dari kareakteristik komunikasi masa dan mungkin juga pemahaman dari pengalaman pribadi dapat menumbuhkan berbagai macam pendapat menganai hal ini. Dan inilah pendapat saya dari hasil keterbatasan pemahaman. Yuk simak !
Media sosial dan blog merupakan bentuk komunikasi massa, sebab komunikasi massa (mass communication) seperti yang telah kita ketahui merupakan komunikasi yang menggunakan media massa, baik cetak (koran, majalah dll) atau electronik (radio, televisi, dll), yang ditujukan kepada sejumlah besar orang yang tersebar dibanyak tempat, anonim, dan heterogen. Komunikasi massa juga melibatkan banyak komunikator, berlangsung melalui sistem bermedia dengan jarak fisik yang rendah (artinya jauh), memungkinkan penggunaan satu atau dua saluran indrawi (penglihatan atau pendengaran) dan biasanya tidak memungkinkan umpan balik segera.
Begitu pun dengan media sosial dan blog, walau terkadang pada media sosial mendapat umpan balik segera, namun itu pun dikarenakan waktu luang sang komunikator  alias tetap menyesuaikan dengan kondisi sang produser pesan. Selebihnya media sosial dan blog mempunyai karakteristik yang sama dengan media massa.
Nah, itulah pendapatku :)apa pendapatmu?
Alhamdulillah :) jazakalloh telah menyempatkan untuk membaca blog ini, semoga bisa bermanfaat bagi mereka yang haus akan ilmu J
Wassalamu’alaikum wr,wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar